Indonesia    |    English  
 
 
   
Dewan Pengurus

Miryam S.V. Nainggolan
Ketua
Miryam S.V. Nainggolan lulus sebagai psikolog di bidang industri dan organisasi dan kemudian menyelesaikan masternya di bidang praktek kerja sosial. Ia memiliki lebih dari 29 tahun pengalaman kerja di bidang sumber daya manusia dan pengembangan organisasi dan kemudian dalam praktek kerja sosial terutama pendidikan praktek kerja sosial dan perencanaan program. Sejak 1999, dia terlibat dalam kegiatan hal asasi manusia, resolusi konflik dan pembangunan perdamaian, serta isu antar iman/pluralism di Indonesia. Beliau bergabung bersama Pulih sebagai dewan pengurus sejak 2003 hingga saat ini.

Kristi Poerwandari
Pendiri PULIH sekaligus sekretaris badan pengurus
Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Psikologi (1988), S2 Program Studi Kajian Wanita (1993), serta S3 Filsafat (2002), semuanya di Universitas Indonesia. Saat ini menjadi staf pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, dan sedang bertugas sebagai Ketua Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender) Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia. Ia menekuni penelitian kualitatif, isu perempuan dan gender, serta kerja intervensi trauma, prevensi dan penanggulangan kekerasan. Menulis beberapa buku mengenai penelitian kualitatif, kajian perempuan dan gender, serta penanggulangan kekerasan. Ia adalah penyunting buku “Indonesian women in a changing society. Women’s Studies in Asia Series: Indonesia” (2005), diterbitkan oleh Ewha Womans University Press. Pada tahun 2002 bersama beberapa teman mendirikan Yayasan Pulih, untuk intervensi trauma dan penguatan psikososial, dan saat ini menjadi anggota Dewan Pengurus Yayasan. Saat ini ingin lebih banyak memelajari psikologi dalam konteks makro-politis, khususnya psikologi hukum dan psikologi kemiskinan, sambil terus memelajari kompleksitas fenomena kekerasan dari benak korban, pelaku maupun pihak-pihak terkait (keluarga, masyarakat yang menyaksikan hingga penegak hukum).

Harkrisyati Kamil
Anggota
Lahir pada 29 April 1953, Harkrisyati Kamil atau yang lebih akrab di sapa Yati telah bekerja dalam bidang perpustakaan dan system informasi sejak 1977. Di akhir bulan Maret 2006, seiring serah terima perpustakaan British Council ke Kementrian Pendidikan maka ia mengambil mengajukan pengunduran diri dari British Council setelah lebih dari 23 tahun memberikan pelayanan di sana. Saat ini, beliau adalah seorang pustakawan independen dan terlibat di berbagai kerja terkait kegiatan keperpustakaan dan informasi. Saat ini dia dipercaya sebagai President Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia, sebuah lembaga yang baru dibentuk bagi professional dan sarjana di bidang kepustakaan. Saat ini, ia juga menjabat sebagai ketua Ikatan Pustakawan Indonesia. Ia juga ikut ambil bagian dalam tim kerja Pepustakaan Nasional untuk perancangan kompetensi pustakawan Indonesia. Saat ini, ia adalah bagian dari tim Perpustakaan Nasional bekerja pada pembentukan Kompetensi Pustakawan Indonesia. Dia juga baru saja selesai membantu Bill & Melinda Gates Foundation Global Perpustakaan (GL) dalam mengidentifikasi penerima hibah untuk melaksanakan program yang akan meningkatkan kualitas hidup dengan meningkatkan akses gratis ke komputer dan Internet di perpustakaan umum di Indonesia.

Dharmayati Utoyo Lubis
Anggota
Dharmayati utoyo Lubis yang akrab dipanggil ibu Yati lahir di kota Palembang tanggal 27 Maret menamatkan S-1 di fakultas psikologi Universitas Indonesia pada tahun 1978. Kemudian beliau mengambil jurusan Population Institute East West Center Honolulu pada tahun 1981. Pada tahun 1984 beliau juga menamatkan S-2 di Departement of Psychology University of Hawaii, Honolulu. Masih di Universitas yang sama, beliau meneruskan program S-3nya di bidang Social Developmental dan meraih gelar Ph.D tahun 1998.

Abdul Malik Gismar
Anggota
Abdul Malik Gismar memperoleh gelar sarjananya dari Universitas Indonesia pada fakultas Psikologi. Setelah menerima beasiswa Fulbright, dia melanjutkan studinya di Fakultas Pascasarjana Ilmu Politik dan Sosial, di New School for Social Research di New York City, di mana ia akhirnya menerima gelar MA dan PhD. Pak Malik memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dan juga mengajar manajemen pendidikan di Amerika Serikat dan memiliki jaringan akademik dan professional yang luas di Indonesia dan luar negri. Saat ini selain menjadi anggota dewan pengurus di Yayasan Pulih, ia juga bergabung di Kemitraan. Minat utamanya yaitu di bidang psikologi sosial politik khususnya mengenai identitas nasinal, hubungan antar kelompok, konflik, pengambilan keputusan politik dan budaya demokrasi

Lia Boediman
Anggota


Pelaksana Harian

Syafirah Hardani
Koordinator umum
Lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Memulai kiprahnya di isu gerakan perempuan pada tahun 1999 dengan bergabung di Rifka Annisa WCC Jogjakarta. Terlibat dalam penanganan psikososial untuk program PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) bagi perempuan dan anak di Sampang Madura bersama dengan IMC untuk korban konflik Dayak Madura pada tahun 2001. Aktif sebagai peneliti lapangan tentang issue Perdagangan Perempuan membawanya ke Jakarta dan bergabung sebagai Program Officer di ACILS (American Center for International Labor Solidarity) untuk Counter Trafficking Project pada awal 2004. Kemudian memfokuskan keahliannya pada issue Hak Asasi Perempuan dengan berdasar pada Konvensi CEDAW (The Convention on the Elimination of All Forms of Discriminations Against Women) sejak bergabung dengan UNIFEM (United Nations Development Fund for Women) pada akhir tahun 2005. Awal 2010 bergabung dengan Yayasan PULIH sebagai Koordinator Umum.

Livia Iskandar
Direktur Internasional
Livia Iskandar adalah salah satu pendiri dan koordinator pertama Yayasan Pulih. Saat ini beliau menjabat direktur Internasional Yayasan Pulih. Livia Iskandar dalam beberapa kali kesempatan, ikut dalam presentasi-presentasi nasional dan internasional mengenai topik kekerasan berbasis gender, pemulihan psikososial berbasis komunitas dan topik terkait lainnya. Dia adalah anggota aktif dari jaringan internasional tentang isu-isu psikososial, perlindungan anak dan pemulihan trauma. Dia adalah seorang psikolog dan aktivis yang bekerja untuk perubahan sosial. Livia Iskandar sedang mengejar gelar doktor di bidang Kesehatan Masyarakat Berbasis Masyarakat dan Penelitian Translational melalui beasiswa East West.

Ahmad Sopiyan
Administrasi dan Logistik
Lulusan SMEA 28 Jakarta, dan kursus teknisi dan LAN di MULTIKOM.COM, bergabung dengan Yayasan Pulih pada tahun 2002 hingga saat ini, dan tugasnya adalah mencatat, mengarsip surat masuk,surat keluar, membuat perizinan untuk yayasan, pengadaan barang, maintenance computer user, connected jaringan dari server, serta mendata aset-aset yayasan. Di sela-sela waktu senggangnya, ia hobi melakukan olahraga bulutangkis.

Siska Christanty
Personalia
Alumni Kesejahteraan Sosial FISIP UI lulus tahun 2004. Sejak menjadi mahasiswa sudah aktif menjadi relawan pendamping di Mitra Perempuan Women’s Crisis Centre, kemudian di tahun 2005 – 2009 menjadi Kooordinator Divisi Pendidikan Publik & Advokasi di organisasi tersebut. Pernah terlibat di jaringan CWGI dalam penyusunan laporan bayangan CEDAW ke-4 dan ke-5 versi NGO. Pada April 2010 mulai bergabung di Yayasan Pulih sebagai staf Personalia.

Sidiq Gunawan
Staf Keuangan Senior
Alumnus Politeknik Negeri Semarang (d/h Politeknik UNDIP Semarang) Program Studi Akuntansi dan Perbankan, dan telah mempunyai pengalaman sebagai pengajar dan praktisi bidang akuntansi. Bergabung dengan PULIH sejak tahun 2005 dengan tugas pokok merancang, menyusun dan mengaplikasikan system Keuanga dan Akuntansi sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia, sehingga pengelolaan keuangan Yayasan Pulih bisa dipertanggungjawabkan. Sejak tahun 2005 tersebut Laporan Keuangan Yayasan Pulih dari tahun 2003 sampai saat ini telah diadit oleh Auditor Independen dengan hasil yang memuaskan dan telah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Banyu Setiawan
Kasir
Pria yang lahir tahun 1986 ini, menyelesaikan studinya di Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2009, dengan program studi D3 Akuntansi. Karirnya bersama Yayasan Pulih dimulai pada awal tahun 2008 hingga saat ini, tugasnya adalah melakukan pembayaran dan penerimaan uang, membuat jurnal pengeluaran dan pemasukan uang, serta penyediaan data keuangan agar Yayasan Pulih mengetahui dan dapat melakukan pertanggungjawaban terhadap transaksi keuangan yang terjadi dalam organisasi.

Vitria Lazzarini
Koordinator Divisi Layanan Langsung / Psikolog Dewasa
Sejak lulus dari pendidikan strata 1 psikologi, perempuan kelahiran 1 Oktober 1975 ini, sudah terlibat dalam kegiatan sosial dengan bergabung di Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI. Saat itu, ia menjadi asisten fasilitator untuk kegiatan “Ibu Maju Anak Bermutu”, yang menjadi bagian dari program Pendidikan Alternatif Maluku selama situasi konflik sosial berlangsung. Psikolog lulusan Universitas Indonesia tahun 2003 ini kemudian bergabung di Yayasan Pulih sejak tahun 2003. Keterlibatannya pertama kali di Yayasan Pulih adalah sebagai asisten psikolog untuk pendampingan penyintas dan keluarga penyintas bom Marriott. Bersama Yayasan Pulih, ia kembali ke Ambon untuk program psikososial untuk remaja korban konflik. Sejak tahun 2006 sampai dengan sekarang, ia bergabung di divisi layanan langsung Yayasan Pulih sebagai psikolog dan menjadi fasilitator pelatihan. Bersama Yayasan Pulih, ia menyusun berbagai leaflet dan buklet berkaitan dengan informasi seputar kekerasan, trauma, dan pemulihan diri.

Anita Kristiana
Staf Divisi Layanan Langsung / Psikolog Dewasa
Anita Kristiana mengambil gelar Psikolog-nya pada tahun 2007 di Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Dengan spesialisasi dalam bidang Psikologi Klinis Dewasa, ia bekerja di Yayasan Pulih sejak September 2007 hingga sekarang. Ia memiliki minat dalam isu kemanusiaan, pemulihan psikologis dan perdamaian. Pengalaman bekerja selama tiga tahun di Yayasan Pulih memungkinkannya belajar dan mengembangkan diri dengan terlibat dalam kegiatan pemulihan bagi penyintas dan pekerja kemanusiaan, melalui terapi kelompok maupun individual, konseling, penulisan model pemulihan, modul pelatihan dan media-media psikoedukasi terkait. Dalam penanganan kasus yang diproses secara hukum, ia juga belajar menulis Surat Keterangan Ahli dan menjadi Saksi Ahli Psikologi bagi klien yang didampingi. Anita juga menjadi fasilitator pelatihan dan narasumber untuk beberapa media dan lembaga untuk isu kekerasan dan pemulihan psikososial

Reneta Kristiani
Staf Divisi Layanan Langsung / Psikolog Anak
Psikolog Anak lulusan Universitas Indonesia ini meraih gelar S2 Profesi Psikolog bidang Klinis Anak tahun 2009. Sejak lulus dari S1 Psikologi Universitas Indonesia, ia telah aktif melakukan pendampingan dan psikoedukasi pascabencana di komunitas ibu dan anak di Aceh Utara (2006-2007) bersama dengan Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI. Kemudian ia kembali melakukan pendampingan ke penyintas bencana gempa di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (2009-2010) bersama dengan Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI. Ia juga pernah menjadi pembicara tetap di siaran RRI PRO 2 Bukit Tinggi dalam tajuk acara “Psikologi untuk Anda”. Ketertarikannya pada anak-anak membuatnya bergabung dengan Yayasan Pulih sebagai staf divisi layanan langsung yang memberikan layanan konseling dan pemeriksaan psikologis bagi anak dan remaja yang mengalami masalah pengendalian emosi, kekerasan seksual, perceraian orangtua, dan pengalaman traumatis lainnya. Selain itu, ia memberikan kesaksian ahli psikologis di kepolisian terkait dengan pemeriksaan psikologis yang telah dilakukannya. Beberapa kali ia juga menjadi narasumber terkait dengan masalah anak.

Cinintya Dewi
Pejabat Setingkat Koordinator Divisi Riset, Publikasi dan Dokumentasi
Sejak mahasiswa, perempuan kelahiran Jakarta 10 April 1983 ini sudah aktif di organisasi kemahasiswaan terutama pada kegiatan-kegiatan sosial di kampusnya, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Pengalaman lapangan pertamanya yaitu saat ditugaskan sebagai tim psikososial Children’s Centre UNICEF-KPP ke kabupaten Nagan Raya untuk respon segera gempa-tsunami Aceh. Setelah menyelesaikan kuliahnya bulan Agustus 2005, ia berkesempatan kembali ke Aceh untuk program komunitas melalui Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI. Minatnya yang besar pada dunia kemanusiaan membawanya bekerja ke Yayasan Pulih sejak 2009 hingga saat ini.

Sulistiyono
Staf Riset Publikasi dan Dokumentasi
Lulusan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM, meneruskan di Fakultas Teknik Industri jurusan Teknik Grafika Universitas Sahid. Mulai berkiprah sejak tahun 1996 di gerakan buruh, mendirikan organisasi buruh dan pengurus “ Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia “ tahun 1999. Tahun 2005 bergabung dengan Yayasan Titian Budaya untuk kesenian Aceh, Tahun 2007- juli 2009 bergabung dengan Yayasan Kalyanamitra sebagai staf divisi program menangani publikasi dan pengelolaan website. Tahun 2009-sekarang bergabung dengan yayasan Pulih sebagai staf Riset, Publikasi dan Dokumentasi menangani perputakaan dan mengelola website.


Pulih Aceh

Dian Marina
Koordinator
Sejak Maret 2005, bergabung menjadi relawan Pulih untuk respon bencana gempa dan tsunami dalam program Psikososial berbasis komunitas. Mengawali karirnya dari relawan perempuan yang lahir tahun 1972 secara bertahap kemudian menjadi pendamping lapangan, koordinator lapangan, coordinator divisi perempuan hingga kemudian saat ini menjadi coordinator area Pulih Aceh. Minat yang besar pada bidang kemanusiaan terus memantapkannya menjadi bagian dari Pulih hingga sekarang.

Dian Purnamasari
Keuangan
Lulusan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh., bergabung bersama Yayasan Pulih sebagai Relawan (Maret-Mei 2005), Staf Lapangan Divisi Perempuan (Mei 2005-September 2005), Koordinator lapangan Divisi Perempuan 9 September 2005 -Juni 2006), Koordinator Divisi Perempuan (September 2006-Juli 2007), Wakil Koordinator Area (Juli 2007-Januari 2009), dan menjabat Koordinator Area sejak Januari 2009 hingga saat ini. Sebelum keterlibatannya dalam Yayasan Pulih, beliau bekerja sebagai Pagawai Harian Lepas di Dinas Pertanian Kabupaten Bireun dari Tahuan 2000-2002, dan Pegawai harian Lepas di Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Besar di Jantho dari Tahun 2002-2004. Tahun 2005 hingga saat sekarang bergabung di Yayasan Pulih Area Aceh.

Fatmawati Lutan
Adminstrasi
Mulai bergabung dengan yayasan Pulih Aceh bulan Maret 2005, tahun 2005 - 2007 sebagai Staf lapangan,kemudian tahun 2008 sebagai Staf Tehnical Asisstensi, Bulan November-Desember 2009 sebagai Staf Campaign. Bulan Maret 2010 sampai sekarang sebagai Staf Administrasi dan bertugas untuk membantu staf finance dan administrasi kantor Pulih Aceh. Aktifitas selain di Pulih Aceh, ia masih kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Psikologi harapan Bangsa Banda Aceh.

Firman Hidayat
Publikasi

Coco Mahardhika
Staff Lapangan
Pada awal karirnya bekerja pada sebuah INGO Medicines Sans Frontieres/Dokter Lintas Batas) sebagai Psikologis, melakukan pendampingan di komunitas dan Psikososial Activities untuk wilayah kerja Aceh Utara, Lhokseumawe dan Bireun selama 2 tahun. Sampai saat ini telah menjadi Team Emergency respon untuk MSF di Indonesia. Dia juga pernah bergabung dengan International Catholic Migration Commission dalam program Counter Trafficking untuk area Aceh Besar, Banda Aceh dan Pulau Nias. Kemudian dia bergabung dengan Friends International sebuah lembaga internasional yang bekerja khusus untuk penanganan anak jalanan yang mempunyai kantor pusat di Kamboja, kemudian ia bergabung dengan American Red Cross untuk program Psikososial di wilayah Aceh Jaya, Aceh Besar dan Banda Aceh, setelah bergabung dengan Amcross kemudian bergabung dengan Save The Children untuk program pendampingan psikososial wellbeing untuk remaja dan orang tua, di wilayah Aceh Utara dan Bireun, bekerja sebagai Psychosocial specialist. Bergabung dengan yayasan pulih pada bulan Maret 2010 sebagai Psikolog dan Coordinator wilayah-Aceh Timur dalam program Penguatan kapasitas Psikososial bagi staf P2TP2A dan Mitra di wilayah Aceh Timur. Saat ini masih aktif sebagai Team Emergency MSF-Holland untuk Indonesia, sebagai dosen di STikes Cut Nyak Dhien Langsa dan Dosen di LP3I Langsa. Dibalik aktifitasnya dia menyimpan hobby travelling dan sepak bola

Ihwani
Staff Lapangan

Jackie Viemilawati
Pengembangan Organisasi Area Aceh


Proyek Pariaman

Norcahyo Budi Waskito
Pengelola program
Norcahyo Budi W biasa dipanggil Cahyo atau Cay adalah lulusan Fakultas Psikologi UI tahun 2002 dan saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S2-profesi psikolognya di universitas yang sama. Cahyo memiliki ketertarikan dengan dunia sosial sejak kuliah dimana ia menjadi relawan Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI dan pernah dikirim di beberapa daerah seperti Banten, Bengkulu, Maluku Utara dan Sulawesi Utara untuk penanganan konflik dan bencana alam. Selain itu pada tahun 2001 mendampingi komunitas anak-anak pengungsi Aceh di Jakarta bersama beberapa rekan-rekan kuliahnya. Cahyo merupakan salah satu personel awal Yayasan Pulih dimana ia mulai bergabung sejak tahun 2003 hingga 2005. Setelah itu Cahyo bekerja sebagai staf program psikososial di American RedCross di Banda Aceh yang melakukan asistensi teknis bagi PMI. Sejak 2004 hingga sekarang Cahyo juga pernah menjadi fasilitator berbagai penguatan kapasitas (pelatihan) tentang psikososial dalam situasi konflik maupun bencana yang dilakukan untuk pendamping, mahasiswa maupun masyarakat. Sejak 2008 menjadi evaluator atau konsultan untuk evaluasi program pemulihan psikososial di komunitas. Minat utamanya adalah isu anak (keluarga) dalam situasi sulit, konflik dan bencana dan penelitian sosial yang berbasis penelitian aksi.

Sri Mulyaningsih
Asisten Pengelola Program
Sri Mulyaningsih biasa dipanggil Ning atau Ningsih merupakan perintis program pendampingan di Sungai Geringging, Pariaman. Dikarenakan kesibukannya untuk menyelesaikan S1nya maka Ningsih baru melanjutkan keikutsertaannya pada pertengahan September 2010 setelah sebelumnya pada akhir Februari 2010 ia jeda sementara ke Jakarta. Walaupun baru menyelesaikan S1nya dalam bidang bimbingan dan konseling di salah satu universitas swasta di Jakarta namun pengalaman kerjanya sudah melintasi batas dari Aceh hingga Papua. Ningsih pernah bekerja mendampingi anak jalanan bersama Yayasan SIKAP tahun 2003. Setelah peristiwa tsunami 2004, tahun 2005 Ningsih sempat bergabung dengan Save the Children dan bekerja di Aceh hingga Desember 2005. Selain itu pengalaman bekerja di daerah bencana pun terasah ketika ia bersama Kuncung Bawuk melakukan respon pasca gempa Jogja tahun 2005, menjadi relawan psikososial Yayasan Pulih untuk Gempa Tasik (di Pangalengan) dan Gempa Padang. Ningsih sendiri merasa bahwa pendampingan masyarakat khususnya perempuan dan anak-anak serta pendekatan konseling merupakan panggilan jiwanya. Hal itulah yang mendorongnya pula untuk mendampingi masyarakat Papua di Jayapura bersama ICMC pada tahun 2008 dan menjadi relawan Rekan Perempuan dari tahun 2005 hingga 2008.

Astrid W.E. Napitupulu
Psikolog Anak
Astrid WEN, biasa disapa Astrid atau WEN adalah salah satu psikolog anak yang membantu pulih sebgai tenaga paruh waktu untuk program psikososial anak di Pariaman. Astrid menjadi psikolog dan lulus pendidikan magister profesi psikologi perkembangan fakultas psikologi UI pada tahun 2009 setelah sebelumnya menyelesaikan S1 di fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Keterlibatan Wen dalam penanganan bencana sudah dimulai sejak tahun 2006 ketika menjadi bagian dari tim medis Yayasan Hijau Putih untuk Gempa Jogja. Selain ia banyak berkecimpung dalam pendidikan dan pengembangan karakter anak melalui gereja (GBIK) dan program Inspiring Parents Dancow. Sejak 2010 Wen bergabung dengan Yayasan Pulih sebagai psikolog mitra yang menangani anak yang kemudian dikhususkan untuk membantu program di Pariaman. Wen sangat tertarik dengan isu-isu tumbuh kembang anak dan pendidikan pengasuhan bagi orang tua untuk mengembangkan anak-anak yang memiliki resiliensi tinggi.

Dimas Cakrawiguna
Koordinator Komunitas
Dimas Cakrawiguna yang juga dipanggil dengan sapaan Dimas atau Manchung merupakan salah satu community coordinator. Lulus SMA 99 di Jakarta pada tahun 2004, Dimas sempat bekerja selama 4 tahun dan kembali melanjutkan kuliah D3nya di BSI Jakarta namun belum selesai saat ini. Dimas termasuk pecinta alam yang menyenangi memanjat tebing dan mendaki gunung dan sempat bekerja sebagai instruktur panjat tebing di Jakarta. Melalui keahliannya tersebutlah Dimas mulai berkenalan dengan dunia respon bencana dengan terlibat sebagai tim tanggap darurat dan program psikososial anak pasca gempa Padang dengan Lazuardi Biru. Kemudian ia bergabung dengan PADMA sebagai tim psikososial mereka. Kemampuan Dimas untuk berinteraksi dengan masyarakat khususnya anak-anak menjadi salah satu kelebihan yang dimikinya. Bersama dengan tim yang lain ia melakukan pendampingan langsung bersama komunitas.

Yesi Mahdaleni
Koordiantor Komunitas
Yesi Mahdaleni atau dipanggil yessi adalah salah seorang, lulusan PGSD Penjaskes Universitas Negeri Padang ini pernah mengajar sebagai guru SD di lokasi tempat tinggalnya. Kemampuannya dalam melakukan pendekatan dengan komunitas dan komitmen dalam bekerja menjadi kelebihan dalam melakukan program pendampingan ini. Selain itu Yesi adalah salah satu sumberdaya lokal yang potensial karena ia berasal dari Batu Mengaum (salah satu korong di Sungai Geringging) dimana program ini dijalankan. Sejak Oktober 2010 ini Yesi tidak dapat lagi menjadi staf dikarenakan kesibukannya mengambil kuliah S1nya di jurusan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan, Universitas Negeri Padang. Namun Yesi tetap berkomitmen dan aktif membantu program ini hingga selesai (November 2010) sebagai relawan.


Psikolog Mitra

Nirmala Ika Kusumaningrum

Psikolog Dewasa
Sejak Lulus sebagai Psikolog pada tahun 2003 dari Universitas Indonesia dengan kekhususan klinis dewasa, Ia langsung bergabung dengan Yayasan Pulih di Jakarta. Minatnya pada masalah Psikologi, Organisasi, dan keuangan dikembangkannya di Pulih dengan menjadi salah satu tim yang aktif dalam menuangkan ide-ide pengembangan kelembagaan. Dalam kegiatan pendampingan, ia banyak bekerja untuk korban bencana khususnya dengan korban Bom di Jakarta. Saat ini ia bekerja sebagai psikolog Mitra di Yayasan Pulih dan lebih mengkhususkan pada masalah-masalah relasi dalam pasangan dan keluarga. Selain itu saat ini ia juga sedang menikmati waktunya untuk mengurus keluarga serta mengembangkan latenta-latenta yang lain dengan rekan-rekannya.

Ester Lianawati
Psikolog Dewasa
Lulus sebagai psikolog pada tahun 2003 dari Unika Atma Jaya Jakarta. Pada tahun yang sama dan sampai saat ini, ia memadukan kecintaannya pada psikologi dan pendidikan dengan menjadi dosen di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA). Tahun 2006, ia melanjutkan studinya di Program Studi Kajian Wanita Program Pascasarjana Universitas Indonesia, sebuah program studi lintas disiplin yang membuka matanya bahwa untuk dapat berkembang, psikologi membutuhkan interaksi dengan disiplin ilmu lain. Pada tahun 2007, ia mulai bergabung dengan Yayasan Pulih untuk mendampingi korban kekerasan dalam rumah tangga. Sejak itulah ia mulai mantap untuk menggeluti kajian psikologi perempuan dan hukum. Pada tahun yang sama, ia juga mulai belajar menulis, kegiatan yang sudah digemarinya sejak kanak-kanak dan kini mulai diasahnya. Tulisan-tulisannya dapat dinikmati di www.esterlianawati.wordpress.com.

Anne Restu Latifah Hanum
Psikolog Dewasa
Psikolog lulusan Program Magister Profesi Klinis Dewasa Universitas Indonesia. Sebelum meneruskan kuliah S2-nya tersebut, menyelesaikan program Sarjana di Universitas Indonesia. Pengalaman bekerja yang dimiliki setelah lulus S1 adalah menjadi staf bimbingan konseling di sebuah lembaga bimbingan belajar. Kemudian, setelah berhasil menyelesaikan kuliah S2-nya di tahun 2010, berusaha mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai workshop maupun seminar. Saat ini bergabung dengan Yayasan Pulih menjadi Psikolog Mitra (associate). Minatnya terhadap isu-isu gender dan sosial mendorongnya untuk bergabung di Yayasan Pulih. Dengan bergabung di Yayasan Pulih, ia berharap dapat memberikan kontribusi pada masyarakat luas dengan cara konseling maupun psikoedukasi.

Nathanael E.J. Sumampouw
Psikolog Dewasa
Sehari-hari sebagai staf pengajar tetap di Bagian Psikologi Klinis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Ia menjadi tim pengajar di beberapa mata kuliah, yaitu: Psikologi Kepribadian, Psikologi Konseling, Metode Observasi & Wawancara, Psikologi Klinis & Kesehatan, Pelatihan serta Etika untuk Mata Kuliah Wajib dan Psikologi Forensik, Psikologi Pemberian Bantuan, Psikologi Bencana untuk mata kuliah Pilihan. Sejak menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Psikologi UI pada tahun 2004, ia bekerja di Fakultas Psikologi UI. Gelar S2 – Magister Profesi Psikologi Klinis Dewasa diperolehnya dari Fakultas Psikologi UI pada tahun 2007. Ia juga pernah terlibat aktif di dalam Pusat Krisis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia membidangi Divisi Program terutama Bidang Layanan dan Kajian. Sebagai praktisi psikolog klinis, ia beberapa kali melatih dan memfasilitasi dalam berbagai pelatihan mengenai Prinsip dan Keterampilan dalam Pendampingan bagi Survivor Dewasa, Remaja dan Anak. Topik pelatihan maupun seminar yang seringkali disampaikannya adalah mengenai: Stres dan Trauma, Pemahaman/Analisis Diri, Aspek Psikologis dari Pelaku maupun Korban Kekerasan dan Pendekatan Positif dalam memahami perilaku. Dalam hal praktik sebagai psikolog klinis, ia berpraktik di Klinik Psikologi Fakultas Psikologi UI. Ia seringkali terlibat dalam penanganan kasus psikologis remaja dan dewasa laki-laki terutama yang berhubungan dengan kekerasan dan penyesuaian diri. Ia juga merupakan psikolog associate di Yayasan Pulih yang melakukan pemeriksaan psikologis dan pendampingan bagi penyintas dan pelaku kekerasan terutama kekerasan dalam relasi personal.

Maharani Ardi Putri
Psikolog Dewasa
Lahir pada bulan April 1980. Menyelesaikan profesi sebagai Psikolog di Universitas Indonesia pada tahun 2005 dalam bidang klinis dewasa. Saat ini bekerja sebagai associate Psikolog di Pulih dan sebagai Wakil Dekan bidang Administrasi, Keuangan serta SDM di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Sebagai dosen mengajar antara lain mata kuliah psikodiagnostik, psikologi abnormal, dan psikologi perilaku seksual. Aktivitas lain adalah menulis sebagai narasumber di media cetak dan sebagai konsultan di PKPT Consulting (Pusat Konsultasi dan Psikologi Terapan).

Yunda K. Rusman
Psikolog Dewasa
Yunda lahir pada bulan November 1981 dan menamatkan profesi psikolognya pada tahun 2007. Psikolog lulusan Universitas Indonesia dengan spesifikasi pendidikan magister profesi klinis dewasa, ditempuhnya setelah menamatkan jenjang pendidikan sarjana di fakultas psikologi Universitas Indonesia pada tahun 2005. Selain di Yayasan Pulih, ia juga aktif menjadi psikolog dan trainer ditempat-tempat lain.

Yoanita Eliseba
Psikolog Dewasa
Psikolog lulusan Universitas Indonesia tahun 2007 dengan spesifikasi pendidikan magister profesi klinis dewasa, ditempuhnya setelah menamatkan jenjang pendidikan sarjana di fakultas psikologi Universitas Indonesia pada tahun 2004. Pengalaman bekerja selama dua tahun pernah dijalaninya sebagai staf program psikososial di sebuah NGO yang bergerak di bidang kemanusiaan. Program psikososial dilakukannya melalui penguatan kapasitas bagi mitra lokal serta sumber daya lokal di tiap wilayah dalam rangka menyediakan layanan psikososial di masyarakat masing-masing. Program-program yang pernah dijalaninya tersebut meliputi program yang ditujukan untuk penyintas kekerasan di wilayah Aceh, Jakarta dan Papua, serta program kekerasan berbasis jender di wilayah Jayapura, Papua.

Indah Nugrahaning Palupi
Psikolog Dewasa
Menyelesaikan pendidikan Sarjana Psikologi di fakultas Psikologi Universitas Indonesia (2003-2007),kemudian menyelesaikan Magister profesi psikolog klinis dewasa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (2008-2010). Ia berkecimpung dengan dunia organisasi di Dompet Duafa Republika, peneliti tahun 2008, Career Development Center UI, training and development officer (2007-2008) dan sekarang bergabung dengan yayasan Pulih. Ia mempunyai minat besar pada isu pemberdayaan perempuan, kesehatan reproduksi, kekerasan dalam rumah tangga, dan penanganan terhadap pasien yang mengalami terminal illness

Angesty Putri Ageng
Psikolog Dewasa
Perempuan kelahiran 18 Desember 1985 ini menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi pada tahun 2007 dan S2 Profesi Psikolog Klinis Dewasa pada tahun 2010 di Universitas Indonesia. Sejak masih menjadi mahasiswa di tahun 2004, ia berkecimpung di dunia remaja dan penanganan kasus orang dewasa. Selain mempelajari konseling dan psikoterapi di perkuliahan profesi, ia juga mendalami pelatihan dan penelitian di tempatnya bekerja. Ia menaruh minat yang besar pada isu kriminalitas perempuan dan psikologi forensik, khususnya mengenai penganiayaan dan kekerasan seksual. Oleh sebab itu, ia melakukan penelitian mengenai perempuan pelaku pembunuhan pada tahun 2007 dan perempuan korban kekerasan seksual pada tahun 2010.

Mario Manahutu
Psikolog Anak
Menamatkan sarjana psikologi pada tahun 2003, Mario meneruskan pendidikannya di Magister Profesi Psikolog Klinis Anak di Universitas Indonesia. Setelah berhasil memperoleh gelar psikolognya di tahun 2005 Mario menjadi konselor untuk sekolah, psikolog mitra di rumah sakit dan kemudian bergabung di Pulih di tahun 2008. Di Yayasan Pulih, selain menjadi psikolog mitra, ia juga membantu Pulih dalam kegiatan pelatihan seperti salah satunya pelatihan untuk pendamping di Papua.

Gisella Tani Pratiwi
Psikolog Anak
Biasa dipanggil Ella adalah lulusan S1 Fak. Psikologi, Unika Atma Jaya, Jakarta. Ketertarikan saya terhadap dunia anak membawa saya memilih melanjutkan pendidikan S2 pada program profesi dengan mayor Klinis Anak di Universitas Indonesia. Saat ini saya aktif sebagai dosen paruh waktu di Fak. Psikologi Univ. Pancasila, associate psikolog di berbagai biro psikologi, associate psikolog anak di Pulih, dan kontributor tetap dalam artikel konseling di sebuah majalah remaja gratis bernama Change Magazine dari Jurnal Perempuan. Pilihan pekerjaan yang bersifat freelance ini saya pilih karena menginginkan waktu yang lebih fleksibel antara pekerjaan dan prioritas saya dalam mengasuh anak. Saya memiliki ketertarikan pada topik-topik yang berkaitan dengan psikologi, anak yang termarginalkan, masalah sosial, kemiskinan, kasus-kasus kekerasan terutama pada anak, kesetaraan gender dan pendidikan. Hobi saya yang utama adalah membaca dan menulis.

Desy Chrisnatalia
Psikolog Anak
Tahun 2003, menyelesaikan pendidikan Sarjana S1 dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan kemudian langsung melanjutkan pendidikan ke Magister Profesi Klinis anak (tahun 2003-2005). Setelah lulus dari S2 profesi, ia bekerja di beberapa tempat sebagai konselor dan psikolog, seperti di sekolah untuk anak kebutuhan khusus, NGO Dokter Lintas Batas (MSF), sekolah umum internasional, dan pada saat ini mencoba bekerja sebagai co-worker di komunitas orang dengan kebutuhan khusus dan sebagai psikolog mitra di Yayasan Pulih. Memiliki minat yang besar terhadap dunia psikologi anak dan special needs education.

Feka Angge Pramita
Psikolog Anak
Mengambil pendidikan strata satu di Universitas Kristen Maranatha Bandung pada tahun 2000 hingga 2006 lalu kemudian melanjutkan pendidikan profesi serta strata 2 di Universitas Indonesia dengan kekhususan Psikologi Klinis Anak pada tahun 2007 hingga 2009. Saat ini saya berkecimpung dalam penanganan masalah anak dan memberikan konsultasi parenting kepada orangtua yang bekerja sama dengan beberapa sekolah. Selain itu saya juga aktif melakukan pemeriksaan psikologis baik secara individual maupun massal kepada siswa-siswa yang ada di Jakarta.
 
 
         
    Prosedur Layanan  
    Hot Line
 
     
e - Counseling
Telepon
Konselor Dewasa :
Konselor Anak :
 
         
    Klinik Mandiri  
    Perpustakaan  
         
     
  Pulih di Facebook
 
 
  Pulih Jakarta
Jl. Teluk Peleng 63A Komplek AL, Rawa Bambu
Pasar Minggu - Jakarta Selatan 12520
Area Aceh
Jl. Sisingamangaraja No. 218
Lampulo - Banda Aceh